ABAP for Dummies (part1)

 sap logo

Mari kita jajah itu SAP. SAP bukan hal yang baru lagi, bukan lagi makhluk yang nggak jelas kayak apa. Mahasiswa harus tahu, toh sekarang banyak SAP edugate ( UAP ) yang nantinya menjadi jembatan antara SAP dengan dunia pendidikan khususnya. Di perkenalkan SAP sejak dini pada dunia pendidiakan bisa menjadi hal yang sederhana, karena mahasiswa nantinya mempunyai kompetensi dengan lainya untuk mempelajari SAP.

SAP, kalo aq boleh bilang System Application and Product, dulu di buat istilahnya “jebolan” dari IBM. mereka membuat awalnya dari assembler, di mainframe dengan tampialn muahhhhh ( gak tahan deh).

SAP awalnya dapet pengaruh dari COBOL, C, dan pascal yang sejak itu membumi dan mendominasi prosedural programming language , maka mereka mencoba untuk membuat bahasa pemrograman ( kalo aq boleh pendapat itu seperti bahasa interpreter ). karena dia berperan sebagai runtime dari AS (aplication server si SAP sendiri). oh ya .. hampir lupa.. muncul namnya ABAP ( Advanced Bussiness Application Programming) .. mungkin udah 4GL kaleee.

SAP sendiri, mulai menerapkan ABAP object ( ini bukan bahasa baru ), cuma cara berpikir untuk logik program.

ABAP Object awalnya di pengaruhi oleh C++ dan Java, dan kesimpulanya bahwa ABAP sendiri bukan cloning, bukan turuan dari bahasa bahasa di atas .. tetapi aq lebih bisa mengatakan dapet pengaruh dari bahasa pendahulunya .

ABAP hampir di pakai di semua modul di SAP, di SAP sendiri anda bisa melihat source code dan bisa mencai library di SAP ( function predefined ) sehingga anda bisa lebih berinovasi dengan SAP.

ABAP sangat powerfull untuk pemrograman. Di lingkungan developer SAP, khususnya ABAP.seorang developer ( artinya developer membuat sendiri) ada beberapa aturan yang harus di pake yaitu :

1. Penamaan dari ABAP program harus di awali dengan huruf Y atau Z, karena A sampai X merupakan milik SAP.

jadi misalkan namanya program Z_HELLO, dalam SAP lebih familar di katakan Report di bandingkan dengan program/modul.

2 . Dalam ABAP program, anda bisa membuat fungsi group/fungsi module dan bisa menggunakan fungsi yang sudah ada.

3. Dalam ABAP program, sebelum report bisa di jalankan , harus dalam keadaan aktif.

ok.. sekian dulu untuk ABAP part1. nanti kita mengenal IDE dari SAP. thanks.

logo

Advertisements

3 Responses to “ABAP for Dummies (part1)”

  1. gimana cara download file nya ?

  2. @faisal : maksdnya download program di SAP gitu…

  3. Ecep Kusmiadi Says:

    Hallo mas, salam kenal,

    Punya e-book ABAP Object? Atau link buat download (gratis :D).
    Thank’s

    Salam,
    Ecep

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: